-->

Surat Al Kautsar, Lengkap Arti Makna

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ
innā a'ṭainākal-kauṡar
Artinya: Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

fa ṣalli lirabbika wan-ḥar
Artinya: Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

inna syāni`aka huwal-abtar
Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.


Dikutip dalam webmuslimah, isi kandungan atau makna surat Al Kautsar ini kemudian disarikan dalam Tafsir Al Quranil'Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafisr Al Azhar karya Buya Hamka:


1. Surat Al Kautsar menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Nikmat yang banyak itu di antaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga al kautsar di surga kelak.

Dalam buku berjudul 'Mutiara Juz'amma' oleh H. Sakib Machmud bahwa Al Kautsar adalah nama telaga yang terdapat di surga. Pendapat ini didasarkan pada suatu riwayat yang menceritakan Rasul bertanya kepada beberapa sahabat, "Tahukah kalian apa yang disebut Al-Kautsar itu? Seperti biasa mereka menjawab "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui."

Beliau kemudian bersabda, "Al Kautsar adalah danau di surga yang dianugerahkan kepadaku. Di sana terdapat banyak kebaikan."

2. Surat Al Kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak itu dengan sholat dan qurban. Yakni shalat yang ikhlas karena Allah dan qurban yang dipersembahkan kepada-Nya semata.

3. Surat ini juga memberitakan bahwa orang-orang yang membenci Rasulullah, merekalah orang-orang yang 'abtar', yakni terputus dari kebajikan dan rahmat Allah. Juga terputus dari sejarah dikenal sebagai orang baik, bahkan di antaranya benar-benar terputus keturunannya.

Keutamaan dari surat Al Kautsar ini adalah manfaat untuk menebar kebaikan. Dan jangan lupa untuk ikhlaskan niat karena Allah dalam beribadah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Surat Al Kautsar, Lengkap Arti Makna "

Post a Comment

PENGURUS PIMPINAN ANAK CABANG (P.A.C)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel